Threads Instagram, si pendatang baru yang langsung jadi primadona!
Kalau kamu lagi asyik ngulik dunia social media dan pingin jadi seorang social media specialist yang keren, kamu wajib hukumnya untuk kenalan sama si pendatang baru yang langsung jadi primadona: Threads Instagram!
Yes, ini dia nih “adik” dari Instagram yang dirancang khusus buat ngobrol asik, bangun engagement brand, dan ngasih warna baru buat strategi marketing kamu supaya gak itu-itu aja, Rekans!
Social media yang satu ini, digadang-gadang akan menjadi pesaing baru dan tantangan bagi X (Twitter) untuk merebut perhatian para pengguna social media saat ini.
Salah satu unique selling point platform Threads adalah pengalaman microbloggingnya yang fresh, clean, dan sederhana karena hanya fokus pada interaksi para pengguna yang lebih mendalam.
Tapi… Threads Instagram adalah apa, sih? Apakah platform ini benar-benar se-primadona itu sampai mampu jadi rival tangguh bagi X (Twitter)?
Dan gimana cara maksimalin potensinya buat strategi marketing brand kamu? Yuk Rekans, simak ulasan lengkapnya di artikel ini dan kita bedah bareng apa yang bikin Threads jadi begitu menarik!
Threads Instagram: Ini Platform Apa Ya Sebenarnya?
Jadi gini, Threads Instagram adalah aplikasi berbasis teks (text-based) yang dibuat oleh tim Instagram dan diluncurkan oleh Meta. Formatnya sebelas dua belas dengan X, tapi dengan insight atau topik obrolan yang lebih segar.
Vibenya juga lebih chill, dan pengalaman UI/UX yang lebih clean dan simple. Selain itu, tentunya nyambung langsung ke akun Instagram kamu.
Karena berbasis teks, lewat aplikasi Threads kamu bisa posting update-update singkat, ngobrol dengan sesama pengguna, dan bikin conversation yang seru. Semuanya terekam dalam format teks, foto, atau video pendek jadi serba simple, tapi topiknya ngena banget!
Nah, pas banget nih buat kamu yang pingin deliver brand awareness lewat cara storytelling, Threads bisa jadi panggung utama baru!
Threads Instagram Menarik Buat Strategi Marketing
Nih kita spill beberapa kelebihan aplikasi Threads Instagram yang enggak boleh kamu lewatkan, cocok buat kamu yang lagi ngerancang strategi marketing:
1. Personalized dan Human-Touch
Threads ngasih kamu ruang buat ngomong dari hati ke hati sama audiens karena aplikasi ini memang memfokuskan terciptanya obrolan dan forum diskusi.
Kamu bisa sounding ide, topik, opini, bahkan meme receh yang bikin brand kamu jadi keliatan lebih dekat dan relate dengan audiens.
Nah kabar baiknya, culture ngobrol di Threads ini didukung dengan fiturnya yang memungkinkan posting hingga 500 karakter, dimana ini ngasi lebih banyak ruang untuk audiens menyampaikan pemikiran dibandingkan X yang standarnya hanya menyediakan 280 karakter.
2. Engagement Lebih Organik nan Autentik
Threads lebih fokus ke percakapan, bukan sekadar visual cantik nan aesthetic kayak di Instagram, nah ini bisa jadi lahan basah buat bangun komunitas yang aktif.
Komunitas yang aktif & kuat = loyalitas brand yang tinggi. Selain itu, algoritmanya juga tidak mengutamakan viralitas tetapi balik lagi yaitu lebih kepada : koneksi antar pengguna yang menciptakan suasana lebih intim.
3. Sinkronisasi Instagram yang Powerful
Karena dia satu ekosistem sama Instagram, kamu bisa otomatis tarik followers kamu dari Instagram ke Threads tanpa harus mulai dari nol. Strategi ini efisien banget buat para brand kecil sampai UMKM yang baru belajar scale-up strategi marketing.
Ini mempermudah siapa pun untuk membangun audiens tanpa memulai dari nol. Kamu juga bisa mengatur privasi akun sama seperti di Instagram. Easy peasy, lemon squeezy! 🍋
4. Tampilan UI/UX yang Fresh & Clean
Desain Threads Instagram juga mengusung konsep minimalis yang memudahkan audiens untuk dengan cepat memahami cara kerja platform.
Ini balik lagi pada fokus utamanya yaitu pada konten dan interaksi audiens yang membangun komunitas. Jadi semua fitur memang lebih dibuat simple, flat, sederhana, tidak ada fitur yang terasa membebani.
Tips Maksimalin Threads Instagram buat Strategi Marketing Kamu!
Untuk kamu yang newbie dan baru menyelami platorm ini, jangan pernah takut untuk eksperimen di Threads Instagram ya! Nih, ada beberapa tips smart and fun yang bisa kamu coba:
1. Gunakan Tone Bahasa yang Casual & Ringan
Threads itu adalah sarana ngobrol. Jadi, posisikan juga kita seperti sedang ngobrol santai dan casual bareng temen! Pakai gaya Bahasa yang santai, tapi tetap profesional.
Kamu juga bisa gunain emoji, storytelling singkat, dan sebutan nickname untuk audiens kayak nickname khusus dari Reaktan untuk para audiens kami yaitu : “Rekans” (Rekan Reaktan).
Ini bisa jadi sapaan personal yang bikin koneksi brand dengan audiens jadi lebih erat.
2. Konsisten Posting, Don’t Skip-Skip!
Coba deh buat mulai konsisten bikin thread harian yang bentuknya bisa apa aja: bisa tips marketing, cerita keseruan di balik layar kayak konten Employee Generated Content (EGC) dan Behind The Scene, atau polling ringan.
Kamu juga bisa like dan repost User Generated Content (UGC) yang dibuat oleh audiens kamu. Semakin aktif kamu cuap-cuap dan ngobrol, maka semakin besar peluang engagement brandmu.
Baca selengkapnya: Employee-Generated Content: Game Changer untuk Brand Kamu!
3. Manfaatin Tren, Hashtag, dan Promosikan Juga Platform Media Sosial Lain!
Walaupun belum sepowerful Instagram, tapi tren di Threads Instagram bisa bantu brand kamu untuk relevan. Ikuti tren yang ada, tambahkan opini kamu, dan sisipkan value dari perspektif brand image kamu biar audiens jadi insightful dan betah mantengin thread kamu.
Ini selaras banget nih sama prinsip Curated Contents, kalau kamu gak punya cukup waktu dan sumber daya untuk bikin konten.
Di sini kamu juga bisa promosiin platform media sosial lain yang brand kamu punya. Kamu juga bisa share akun Threads kamu di Instagram Story supaya lebih banyak audiens yang aware tentang akun kamu!
Threads Instagram vs X (Twitter): Kira-kira Mana Lebih Worth It?
Jujurly ini agak ketar-ketir sih menjawabnya, Rekans. Hmm, namun kalau kamu bingung mending fokus di Threads Instagram atau X? Nah kata kita sih, jawabannya: tergantung audiens kamu.
Tapi nih, kalau kondisinya kalau brand kamu sudah punya basis kuat di Instagram, Threads Instagram adalah opsi paling natural buat ekspansi strategi marketing.
Threads Instagram juga dirancang lebih ramah buat para user pemula. Ibaratnya desa, suasananya masih baru, asri, fresh, dan tanahnya masih subur alias algoritmanya belum terlalu ketat.
Jadi ini golden phase banget buat bangun positioning brand kamu jadi lebih kuat lagi!
Threads Instagram Ibarat Desa Asri, Cocok untuk Brand Bertumbuh!
Nah, sekarang Rekans udah paham kan bahwa Threads Instagram bukan sekadar aplikasi media sosial? Ini adalah alat marketing pamungkas buat kamu untuk optimalin strategi marketing to the next level.
Ingat, brand itu bukan cuma soal bikin feed atau tampilan visual yang cantik, tapi juga bisa menciptakan topik yang meaningful dan bikin audiens betah stay di brand kamu. Threads Instagram bisa jadi kendaraan masa kini yang pas, buat tujuan itu!
Sebagai Social Media and Digital Marketing Agency Bali yang sudah berkecimpung selama kurang lebih 6 tahun, Reaktan siap banget buat bantu kamu untuk susun strategi marketing yang optimal lewat platform-platform social media terbaru, salah satunya Threads Instagram! 🖥️🔥
Jadi, apa Rekans udah siap untuk ekspansi bisnis kamu bareng Reaktan dan Threads Instagram? Semoga artikel ini bisa insightful untuk kamu ya! Jangan lupa komentar di bawah!
6 thoughts on “Threads Instagram: Pamungkas Baru Strategi Marketingmu!”